Thursday, December 3, 2009

lebih baik diam

22 murid berada di kelasnya. mereka sibuk sendiri-sendiri. ada yang bermain laptop, ada yang bergossip, ada yang berbicara sendiri, ada yang bernyanyi, ada yang berfotoan. tanpa mereka sadari, bahwa ada seorang guru di depan sedang memperhatikan mereka.
jelas saja mereka sadar, namun mereka 'pura-pura' tidak sadar. guru itu pun mulai gondok dengan sikap murid-muridnya itu. ini tidak hanya sekali terjadi. telah berkali-kali terjadi. lama kelamaan, murid-murid itu pun menyadari akan kemarahan sang guru. akhirnya merka berdiam. lama sekali. namun, ada beberapa di antara mereka yang masih bermain sendiri. entah tidak mengerti atau tidak peka.

sang guru itu pun akhirnya menyuruh salah satu murid untuk membereskan perangkat LCD, yang awalnya akan di lakukan untuk presentasi satu per satu murid di kelas itu. sebut saja namanya L. si L bukannya membersihkan dan membereskan perangkat LCD, ia malah melakukan presentasi. teman-temannya pun bingung akan apa yang ia lakukan. si L dengan pede nya melakukan presentasi. sepertinya dia tidak menyadari bahwa semua teman-temannya menahan tawa akan kebodohannya.

setelah selesai, ia pun kembali duduk. sang guru akhirnya meminjam laptop si L. dan mencolokkan kabel ke laptop. sekejap, langsung muncul gambar besar di layar LCD *waduh, bahasa saya*. perlahan, sang guru membuka microsoft office. dan menulis satu-demi satu kata.

ia mulai mengetik :
'i'm bad if i'm angry. so, i don't wanna speak. im sorry for the first student that have presented your presentation. i didn't give my attention. honestly, i'm confused. is my assignment very difficult ? i'm trying to give you all the easiest homework. tau rasanya di cuekin? pernah di cuekin? nyaman kah? wow. amazing you know ? i get your attention if i keep my mouth shut. seems i will do it forever to you.'

serentak murid-murid pun berkata 'NO!'

setelah percakapan melalui ketikan itu selesai, guru itu pun keluar dari kelas tanpa berbicara sepatah kata pun.

PS : lebih baik diam. daripada berbicara, namun tidak berguna dan akan membuat masalah. :)

No comments:

Post a Comment